Senin, 17 Juni 2013

Motor balap terkencang 1970an, Yamaha TZ750



Bicara motor legendaris gak akan lepas dari yg 1 ini...the lejend Yamaha TZ750 Prototype (disebut juga YZR750 OW31)...
TZ750 dikembangkan oleh yamaha corporation jepang sebagai jawaban atas dominasi BSA and Triumph 750 triples, Honda CB750, Suzukis GT750 and Kawasakis H2 di ajang Formula 750...balapan tertinggi dunia waktu itu.

TZ750 OW31

TZ750F production racer
Basis awal TZ750 adalah TZ700 yg dikembangkan dari basis mesin yamaha TZ350...kurang stabil di kecepatan tinggi, insinyur yamaha merombak lagi motor tersebut...tepatnya oktober 1973 mekanik Yamaha Naito and desainer Matsui mendesain ulang mesinnya...saat mesinnya dipamerkan di Tokyo Show 1973, dunia balap pun terkejut!!
Bermesin 2 tak berkonfigurasi overbore 66,4 x 54 mm dengan karbu mikuni 34 mm open filter, TZ750 sanggup memuntahkan tenaga 145 hp!!
Dashboard

Tahun berikutnya, motor ini resmi turun di ajang Formula 750...speknya yg prototype gak terlawan sm motor lain lantaran basisnya mereka adalah motor jalan raya yang dikorek...tim lain pun protes mengingat regulasi dasar Formula 750 adalah harus motor jalan raya dan pabrikan juga diharuskan diproduksi minimal 200 unit production racer dari motor tersebut...yamaha pun memproduksi varian lain dari yaitu TZ750 production racer dari mulai varian A sampe F...tercatat beberapa penurunan spek yang berakibat power maksimalnya hanya 120 hp di 11000 rpm.
Meski begitu versi prototype tetap turun di ajang tersebut walau terhalang regulasi...otomatis yamaha meraih 6 gelar juara berturut-turut dari tahun 1974-1979 lewat dua rider lejendaris giacomo agostini dan kenny roberts senior...prototype yang sanggup menembus top speed 290 km/jam gak terbendung motor pabrikan lain...apalagi pabrikan 4 tak.


 Sedihnya Formula 750 ditutup tahun 1979 lantaran konflik regulasi antara yamaha dan pabrikan lain...bersamaan dengan itu berhenti jugalah pengembangan motor ini...versi prototype nya kini dipamerkan di museum yamaha jepang, sedangkan production racer nya berakhir sebagai koleksi pribadi...beberapa dipamerkan di ajang-ajang balap dunia.
  Spek TZ 750E 1978:
Serial No: 1X2-200131
Bore 66.4

Stroke 54

cc 747

kompresi 7.3:1

tenaga 120 hp

di rpm11,000

pengapian CDI
karbuMikuni VM34

rasio primer 2.6

final gir 36/18

6th 0.75

5th 0.81

4th 0.89

3rd 1.04

2nd 1.2

1st 1.72

overall ratio 3.9

kapasitas tangki 29 liter

oli mesin 1,500 ml

ban depan 3.25" x 18"

ban belakang 3.75" x 18"

rem depan Disc

rem belakang Disc

sokbreker Mono-shock
bobot kosong 152 kg



1 komentar:

  1. Sloty Casino Map & Directions - Mapyro
    Casino Map 인천광역 출장샵 - Las Vegas · 남양주 출장샵 Las Vegas Highway 14, Stateline · Hotel 경주 출장샵 Map & Directions · Vegas Highway 13, Stateline, NV · Mapyro 고양 출장안마 Nevada, Mapyro Nevada, 서울특별 출장안마

    BalasHapus